Perpanjangan Waktu Bursa Transfer Tengah Musim La Liga

Perpanjangan Waktu Bursa Transfer Tengah Musim La Liga

Perpanjangan Waktu Bursa Transfer Tengah Musim La Liga

Perpanjangan Waktu Bursa Transfer Tengah Musim La Liga

La Liga Spanyol secara resmi mengumumkan perpanjangan waktu bursa transfer tengah musim La Liga di bulan Januari 2016 ini. Tujuannya supaya beberapa klub memiliki waktu tambahan untuk menyelesaikan urusan transfer pemain barunya. Memang beberapa klub masih sedang dalam urusan transfer antarpemain.

Bursa transfer La Liga ini dibatasi hingga tanggal 31 Januari 2016 pukul 23.59 waktu setempat. Namun, batas waktu tersebut diundur sampai tanggal 1 Februari 2016 di jam yang sama. Meskipun, diundur satu hari, batas waktu tetap menyesuaikan batas akhir yang ditetapkan seluruh liga profesional di Eropa. Sejumlah liga elit Eropa, seperti Premier League, Serie A, Ligue 1 dan Bundesliga menutup bursa transfer pada tanggal 2 Februari 2016.

Alasan La Liga Mengundurkan Tengat Waktu

Berdasarkan informasi yang diperoleh, pengunduran tengat waktu ini disebabkan adanya beberapa klub, seperti Barcelona dan Real Madrid yang membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan proses transfer pemain. Namun, ada kabar lain yang mengatakan, bahwa waktu pengunduran ini bertujuan untuk memberikan waktu pada Real Madrid dan Atletico Madrid sebelum sanksi embargo pemain dari FIFA diberlakukan.

Meskipun, batas waktu yang diundur hanya 24 jam saja, tapi cukup berarti untuk kedua klub papan atas menjelang diberlakukannya embargo transfer pemain. Menepis isu ini, La Liga membantah dengan alasan pengunduran dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada klub-klubnya untuk memperbaiki kualitas skuad mereka.

Real Madrid bersama dengan Atletico Madrid belum lama ini dijatuhi sanksi larangan transfer pemain karena merekrut pemain di bawah usia 18 tahun. Hal ini diketahui setelah dilakukan investigasi oleh Komite Disiplin FIFA mengenai aktifitas transfer kedua klub besar asal ibu kota Spanyol tersebut. Madrid terbukti melakukan pelanggaran sejak 2005 hingga 2014, sedangkan Atletico diduga melanggar sejak 2007 sampai 2014.

Pelatih Atletico, Simeone mengakui adanya sanksi tersebut terhadap timnya. Atas keputusan FIFA tersebut pihak Atletico akan mengajukan banding. Namun, Simeone menegaskan sanksi tersebut tidak akan merugikan klubnya di musim depan.

Sanksi yang dijatuhkan FIFA berupa larangan untuk membeli pemain pada bursa transfer musim panas 2016 dan Januari 2017. Tapi untuk periode Januari 2016, mereka masih diijinkan untuk mengikuti bursa transfer tengah musim La Liga. Mengenai hal tersebut, pelatih Atletico belum memikirkan akan merekrut pemain baru di bursa transfer Januari 2016.

Hal yang sama disampaikan Presiden Real Madrid, Florentino Perez, bahwa mereka juga akan mengajukan banding atas sanksi FIFA. Kubu Los Blancos merasa yakin tidak melakukan kesalahan dalam merekrut pemain. Sanksi FIFA ini merupakan tamparan keras bagi Madrid, mengingat sebelumnya mereka gagal menggaet kiper Mancheter United, David de Gea, pada bursa transfer musim panas Agutus 2015 karena masalah administrasi.

Masalah yang menerpa Madrid memang datang bertubi-tubi. Setelah, kegagalan pada bursa transfer musim panas, klub ini didiskualifikasi dari arena Copa del Rey, karena menurunkan pemain yang tidak sah. Ditambah lagi pemecatan pelatih Rafael Benitez pada awal bulan Januari.

Berbagai masalah yang menimpa klub-klub andalan Spanyol dan adanya sanksi FIFA dikhawatirkan menurunkan kualitas klub di bawah La Liga. Itu sebabnya muncul desas-desus mengenai alasan La Liga memperpanjang satu hari masa transfer tengah musim.

Transfer Pemain La Liga

Dalam masa transfer pemain awal tahun 2016 ini, salah satu klub besar La Liga, Real Madrid telah mencapai kesepakatan dengan Napoli. Pemain bertahan Madrid, Jose Fernandez Iglesias atau yang biasa dipanggil Nacho akan menandatangani kesepakatan untuk memperkuat skuad Napoli.

Sebenarnya, Nacho juga sedang diincar raksasa Premier League, Arsenal. Tapi pemain muda berusia 26 tahun tersebut memilih menyeberang ke Naples, karena jaminan akan lebih banyak tampil di tim utama. Di Madrid, Nacho baru tampil 14 kali di musim laga yang lalu.

Pelatih Maurizio Sarri telah menyetujui kontrak Nacho. Namun mengenai nilai transfer yang disepakati kedua klub tersebut belum diumumkan ke publik. Napoli dan Madrid sendiri memiliki hubungan dekat soal transfer pemain. Tercatat sudah ada tiga pemain El Real yang pindah ke San Paolo, yaitu Jose Callejon, Gonzalo Higuaian, dan Albiol. Real Madrid memang banyak memberikan kejutan pada bursa transfer tengah musim La Liga awal tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *